"SELAMAT DATANG DI BLOG ARIF NAUVAN"

Minggu, 09 September 2012

BURSA TRANSFER "CITY MULAI MENGGELIAT"

MANCHESTER - Setelah mendapat suntikan dana dari pemilik klub, Manchester City kini mulai bergeliat di bursa transfer. Sejumlah pemain pun dibidik klub jawara English Premier League musim lalu itu. Siapa saja mereka?

Sejak dibukanya jendela transfer musim panas, Juni lalu, City bisa dikatakan pasif dalam urusan belanja pemain. Hingga pertengahan transfer, klub besutan Roberto Mancini hanya merekrut satu pemain, yakni Jack Rodwell yang direkrut dari Everton.

Kondisi ini jelas berbanding terbalik dengan kebijakan klub berjuluk The Eastland dalam beberapa musim terakhir. Diketahui, dalam beberapa musim terakhir, City selalu mencatatkan diri sebagai klub yang paling aktif di lantai bursa.

Seretnya dana belanja ini pun sempat membuat Mancio ngambek. Allenatore asal Italia ini pun sempat mengancam akan hengkang apabila manajemen klub tidak menggelontorkan dana segar untuk membeli pemain sebelum jendela transfer resmi ditutup, 31 Agustus mendatang.

Taktik Mancini ini ternyata ampuh. Beberapa hari lalu, pemilik klub Sheik Mansour Bin Zayed Al Nahyan mengucurkan dana segar sebesar 60 juta pounds atau setara Rp900 miliar untuk menambah amunisi baru.

Mengingat bursa transfer yang hanya menyisakan dua hari, Mancini pun langsung bergerilya untuk mendapatkan pemain-pemain bidikannya. Di percobaan pertama, Mancini langsung mengarahkan radarnya ke Daniele De Rossi. Sayang, gelandang AS Roma itu memilih setia bertahan di Ibu Kota Italia.

Mancio pun langsung mengalihkan bidikannya kepada gelandang Benfica, Javi Garcia. Gelandang 25 tahun yang masuk dalam skuad Timnas Spanyol saat menjuarai Euro 2012 lalu itu ditaksir menyusul performa apiknya bersama Benfica saat melumat Vitoria Setubal 5-0 pada lanjutan kompetisi Liga Portugal, akhir pekan lalu.

Sayang, hingga kini belum ada titik terang terkait negosiasi tersebut, lantaran kubu Benfica mematok harga tinggi. Klub berjuluk The Eagles ini hanya bersedia melepas pemain yang masih terikat kontrak hingga 2016 ini dengan mahar 23 juta pounds.

Selain Garcia, City juga menyatakan tertarik meminang mantan pemain muda Chelsea, Scott Sinclair yang saat ini merumput bersama Swansea City. Sayang, upaya tersebut juga berpotensi gagal terealisir lantaran kubu Swansea menolak tawaran 6 juta pounds yang disodorkan The Citizens.
Untuk memperkuat lini pertahanan, yang dinilainya cukup rapuh, Mancini mengarahkan bidikannya ke ranah Italia. Mantan pelatih Fiorentina, Lazio dan Inter Milan ini mengincar bek muda Fiorentina, Matija Nastasi?*.

Sebagai bentuk keseriusannya, Mancini kabarnya bersedia membayar 12 juta pounds, plus memberikan satu pemainnya, Stefan Savic. Mancini tertarik meminang Nastasic karena penampilan apik bek 19 asal Serbia yang mencetak dua gol dalam 25 laga bersama La Viola, musim lalu.

Selain Nastasic, Mancini juga tertarik menampung bek Inter Milan, Douglas Maicon. Masa depan Maicon di Giuseppe Meazza tengah menggantung lantaran pelatih Andrea Stramaccioni tidak memasukkan nama bek veteran Brasil tersebut dalam skuad La Beneamata di Europa League.

Untuk mendapatkan servis Maicon, manajemen City kabarnya sudah menyiapkan dana 4,5 juta pounds. Menanggapi tawaran ini, kubu Inter belum memberikan respons. Sang presiden klub Massimo Moratti bahkan mencoba meredakan isu dengan mengatakan Maicon masih berpeluang tetap di Inter. Namun, menurut kabar yang berhembus, Inter akan melepas Maicon apabila City berani menaikkan tawarannya menjadi 8 juta pounds.

Dengan semakin mepetnya bursa transfer, akankah Mancini sukses mendapatkan buruannya di atas? 


MANCHESTER - Manchester City nampaknya benar-benar siap memanfaatkan permasalahan yang tengah dihadapi Cristiano Ronaldo di klubnya Real Madrid. Klub kaya raya Inggris ini kabarnya siap menggelontorkan dana besar untuk memboyong CR7 ke Etihad Stadium.

Dalam sepekan terakhir, publik sepakbola dunia tengah digemparkan dengan pernyataan Ronaldo yang mengaku sedih. Hingga kini, alasan utama Ronaldo bersedih masih menjadi misteri.

Namun, menurut sejumlah sumber terdekat klub, Ronaldo bersedih karena tidak mencapai kesepakatan dengan kubu Madrid, terkait permintaannya naik gaji, menyusul peningkatan biaya pajak yang harus ditanggungnya selama merumput di Spanyol.

Sebelum masalah ini muncul, kubu City kabarnya sudah menyatakan minatnya meminang sang megabintang. Bahkan, klub jawara Premier League ini sudah mengajukan tawaran  sebesar 200 juta euro atau setara Rp2,5 triliun yang sayangnya ditolak kubu El Real.

Namun kini, menyusul ketidakharmonisan yang terjadi antara Mou dan Madrid, City siap kembali mencoba peruntungannya. Pemilik klub Sheik Mansour Bin Zayed Al Nahyan, kabarnya siap memberikan tawaran yang lebih menarik.

Sebagaimana dikutip Tribalfootball, Jumat (7/9/2012), pihak City telah menyiapkan dana 20 juta euro (Rp243 miliar) yang dialokasikan sebagai gaji Ronaldo jika sang pemain bersedia merapat ke City of Manchester Stadium. Jumlah ini diketahui lebih besar dari bayaran yang diterima Ronaldo di Madrid yang berada di kisaran 15 juta euro.

Namun keinginan City dipastikan tidak akan mudah terealisasi. Pasalnya, kubu Madrid pastinya akan mencari cara untuk mempertahankan aset paling berharganya tersebut.

Pelatih Los Blancos, Jose Mourinho bahkan sempat melontarkan intimidasinya dengan mengatakan, “Kami punya potensi dan sejarah untuk mempertahankan pemain terbaik yang kami miliki,” ujarnya.

“Madrid, Barca dan Bayern Munich adalah klub unik yang punya nilai historis tinggi. Anda tidak bisa membeli ini dengan uang. Para pemain terbaik tentunya ingin bermain di ketiga klub ini, klub yang punya lemari penuh dengan trofi dalam 100 tahun terakhir,” pungkasnya mengintimidasi City yang notabene yang tak punya sejarah panjang di kancah sepakbola Eropa dan dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar